5 Alasan Mengapa JavaScript Adalah Bahasa Pemrograman Yang Penting Untuk Dipelajari

Sejak tahun 1995, ketika Netscape pertama kali memperkenalkan Javascript untuk World Wide Web sebagai bahasa scripting yang sederhana untuk web browser, banyak yang tidak begitu menyukai JavaScript sebagai bahasa pemrograman.

Tapi sekarang, 18 tahun setelah JavaScript pertama kali muncul, kini telah menjadi bahasa pemrograman yang dominan dari web. Semua web browser modern menerapkan bahasa JavaScript. JavaScript telah menjadi bahasa pemrograman berorientasi objek yang kuat, dinamis dan fungsional yang setara dengan bahasa pemrograman C++, Ruby, atau Java. JavaScript memiliki fitur canggih seperti Prototypal inheritance, modules, namespaces, fungsi lambda,dan metaprogramming.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang harus dikuasai untuk beberapa alasan, berikut adalah alasan kenapa anda harus belajar JavaScript:

1. JavaScript Gratis dan Mudah Diatur

Anda tidak perlu membeli JavaScript. JavaScript dilengkapi dengan browser dan dieksekusi dalam browser. Tidak perlu men-download, menginstal dan mengkonfirmasi file library untuk dapat menjalankan JavaScript. Yang anda butuhkan adalah editor kode program (misalnya Teks Sublime, Notepad++, EditPlus, dll) dan tentu saja internet browser untuk dapat menulis dan mengeksekusi kode JavaScript. 

2. Sangat Mudah untuk di Debug

Semua browser populer memungkinkan untuk mendebug kode JavaScript. Beberapa Tools memungkinkan anda untuk melihat tidak hanya pada kode JavaScript tapi juga pada saat eksekusi. Terlebih lagi, beberapa tools memberikan kemampuan login yang memungkinkan anda untuk menulis dan meyimpan nilai-nilai variabel pada berbagai tahap pembuatan program. Dua tools yang sangat bagus dan gratis adalah Firebug dan Web Developer Toolbar. Firebug adalah plugin untuk browser Firefox dan Web Developer Toolbar yang tersedia untuk Chrome dan Firefox. Tools ini tidak hanya membantu anda men-debug JavaScript, tetapi juga memeriksa HTML dan CSS kode halaman web, sehingga anda dapat memodifikasi kode secara real time.

3. AJAX

AJAX singkatan dari Asynchronous Javascript dan XML. AJAX adalah teknologi pengembang web yang memungkinkan web browser untuk berinteraksi  antara asynchronous dengan web server. AJAX digunakan untuk meng-update latar belakang halaman web tanpa reload dan menyegarkan halaman web. Ini menambah pengalaman pengguna karena isi halaman web secara terus-menerus memperbarui ke versi terbaru. Awalnya web adalah tempat untuk melihat halaman web statis, AJAX kini merubah web menjadi tempat pengguna berinteraksi dengan pengguna lain.

4. Banyak Pilihan Frameworks dan Libraries Gratis

Mengembangkan perangkat lunak dapat menjadi sebuah tantangan dan memakan banyak waktu. Untuk meningkatkan prospek keberhasilan dan mengurangi waktu pengembangan, dibutuhkan sebuah Frameworks dan Libraries. Frameworks adalah sebuah software untuk memudahkan para programer untuk membuat sebuah aplikasi web yang di dalam nya ada berbagai fungsi diantaranya plugin, dan konsep untuk membentuk suatu sistem tertentu agar tersusun dan tersetruktur dengan rapi. Sedangkan Libraries adalah satu set kode program yang tersusun pada fungsi. Dengan memanfaatkan Frameworks dan Libraries, pengembang menghindari “reinveting the wheel” dan mengandalkan solusi untuk setiap masalah serta mengurangi waktu pengembangan. Karena banyaknya pengguna JavaScript, banyak Frameworks dan Libraries yang sangat handal dan populer yang tersedia gratis untuk pengembang. Antara lain ada AngularJS, Backbone.js, dan Bootstrap untuk Frameworks, sedang untuk Libraries yang populer ada jQuery, Prototype, dan Dojo. Bootstrap dan jQuery sering digunakan bersama-sama. Bootstrap menggunakan teknik desain yang memungkinkan sebuah halaman web untuk mengubah tata letak berdasarkan lebar layar browser. Dengan demikian, halaman web dapat dengan mudah ditampilkan baik pada layar monitor desktop maupun pada perangkat mobile.

5. Berkembangnya Permintaan Komunitas Pengguna 

Ekosistem JavaScript terus berkembang dan permintaan pengguna untuk pengembang semakin tinggi. Permintaan tentang JavaScript telah tumbuh melebihi bahasa pemrograman yang lain.

Ada juga komunitas yang berkembang dari pengguna dan pengembang yang besedia untuk berbagi pengalaman di berbagai forum dan konferensi. Ada banyak situs yang menawarkan tutorial gratis dan pelatihan dalam pemrograman JavaScript.

Dengan semua alat bantu gratis dan banyak sumber daya yang ada, apa alasan anda untuk berhenti belajar menguasai bahasa pemrograman yang paling populer ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *